Resep Itik Nasu Palekko

Resep Itik Nasu Palekko - Sahabat Wanita, pada kesempatan kali ini Masakan enak akan berbagi resep tradisional Bugis Makassar, yup namanya Hidangan Itik Nasu Palekko atau Hidangan Itik masak Palekko, simaklah resep itik nasu paleko dibawah ini:

Bahan:
  • 1 ekor itik yang masih muda, bisa diganti bebek 
  • 1/2 buah jeruk lemon atau 1 buah jeruk nipis
  • 10 siung bawang merah, haluskan
  • 30 butir cabai rawit muda, berwarna hijau (sesuaikan dengan tingkat kepedasan yang anda inginkan), haluskan
  • segenggam asam Jawa, rendam dengan 200 ml air atau  segenggam asam mangga, rendam dengan 100 ml air
  • 1 sendok teh kunyit bubuk
  • 2 1/2  sendok teh garam, tambahkan jika kurang asin
  • 3 sendok makan minyak goreng
  • penyedap rasa secukupnya (optional), saya pakai 1 sendok teh kaldu bubuk
Cara membuat:
Siapkan itik/bebek. Gosok bersih permukaan kulit itik dengan garam kasar dan air jeruk lemon/jeruk nipis (gunakan juga kulit jeruknya), hingga kulit ari itik yang berwarna kekuningan lepas dan itik menjadi kesat dan kinclong. Gosok juga bagian rongga dalam itik dengan garam. Buang bagian pembuangan itik, saya juga membuang bagian yang bernama brutu karena disini terdapat lemak kekuningan yang membuat masakan menjadi amis. Cuci bersih hingga seluruh garam hilang. Lap permukaan itik dengan tissue dapur hingga kering, kemudian bakar sebentar itik di atas api kompor hingga kulitnya kesat, bulu-bulu hilang. Jika anda kesulitan memegangnya, masukkan gagang spatula ke dalam rongga itik, pegang bagian kepalanya dan bakar sebentar di atas kompor. Letakkan itik di atas talenan dan lepaskan kulitnya. Pisahkan antara kulit dan daging itik. Potong-potong daging itik dalam ukuran kecil, kira-kira sepanjang satu ruas jari, sedangkan untuk kulit itik iris kecil-kecil. Lumuri potongan daging itik dengan setengah bagian air asam, 1 sendok teh garam dan sedikit penyedap rasa, jika pakai. Remas-remas dan diamkan.
Siapkan wajan, panaskan wajan hingga benar-benar panas. Masukkan kulit itik yang dipotong kecil-kecil, sangrai kulit itik dengan api besar hingga minyak alami dari kulit itik keluar (jika tidak begitu banyak minyak yg dihasilkan bisa ditambahkan 3 sendok makan minyak goreng). Kurangi nyala api, gunakan api sedang saja dan masukkan potongan itik beserta bumbu perendamnya. Goreng hingga daging itik empuk. Masukkan sisa air asam, kunyit bubuk, bawang merah, cabai yg sudah di haluskan, dan kaldu bubuk/penyedap rasa.  Aduk aduk dan masak hingga air makin sedikit. Tambahkan garam jika rasanya kurang pas. Jika daging itik belum empuk tambahkan air dan masak hingga itik empuk dan air mengering. Jadi deh si nasu palekko. Siap dihidangkan dengan nasi panas dan tentu saja segelas air putih sebagai penyelamat lidah yang terbakar. Selamat Menikmati.[me]

Bagikan Lewat Tombol Dibawah Ini: